Friday, October 17, 2008

Bersahabat karib dengan Tuhan

Memimpin tiap2 orang untuk menjadi serupa dengan Kristus. Inilah yang diusahakan dan dipergumulkan dengan segala tenaga oleh rasul paulus. Inilah visi hidup Paulus: menjadi serupa dengan KRistus dan membawa orang lain menjadi serupa Kristus (Kol 1:28-29). Menjadi serupa Kristus adalah memiliki gaya Hidup Kristus. “barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup,” ( 1 Yoh 2:6) Seperti apakah gaya hidup Kristus?

“Tidak percayakah engkau bahwa aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam aku?” (Yoh 14:10a). Kristus intim dengan Bapa. Inilah gaya hidup Kristus. “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau ia tidak melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.” (Yoh 5:19). Yesus tidak bekerja atas dasar kehendak-Nya sendiri. Apa yang Bapa kerjakan, itu yang Dia kerjakan. Apa yang Bapa katakan, itu yang Ia katakan. Yesus intim dengan Bapa melalui dialog yang terus menerus selama 24 jam. Kitapun bisa melakukan hal yang sama untuk intim dengan Bapa. Hanya orang yang intim dengan Tuhan yang hidupnya berubah untuk menjadi serupa dengan Kristus.

Untuk intim dengan Tuhan, Daud menulis,”TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjianNya akan diberitahukan kepada mereka.” (Mazmur 25:14). Orang yang bergaul karib dengan Tuhan akan menjamah Surga, sehingga Tuhan akan memberitahukan perjanjianNya kepada orang tersebut. Perjanjian Tuhan akan mengubah kehidupan seseorang ke arah yang lebih baik.

Bagaimana caranya supaya intim dengan Tuhan? Luangkan waktu dengan Tuhan. Saat kita meluangkan waktu untuk intim dengan kristus, Dia akan membawa kita kepada Bapa.

Seseorang yang meluangkan banyak waktu dengan gurunya, ia akan menjadi seperti gurunya, jikalau kita intim dengan bapa, kita harus melakukan persis seperti yang Yesus lakukan. Yesus meluangkan waktu dengan Bapa lewat Doa dan berdialog dengan Bapa selama 24 jam. Kita pun harus berdialog dengan bapa terus menerus.

3 TINGKAT KEINTIMAN DENGAN BAPA

  1. Tingkat pertama disebut keintiman Reaktif

Kita baru belajar untuk intim dengan Tuhan, pada tingkat ini. Pada umumnya seorang manusia akan bereaksi terhadap sesuatu yang muncul yang mempengaruhi hidupnya. Orang yang paling banyak mengalami Kristus adalah orang yang berespon benar melalui masalah di dalam hidupnya. Masalah adalah alat yang paling efektif yang digunakan Tuhan untuk membawa kita intim denganNya. Manfaatkanlah problem, tantangan, aniaya, pencobaan dan semua masalah hidup untuk membangun keintiman dengan Tuhan.

  1. Tingkat kedua disebut keintiman Aktif

Pada tingkat ini, kita akan aktif berdialog dengan Tuhan, untuk itu mulailah berbahasa Roh secara pribadi untuk bersekutu dengan Tuhan. Gunakan waktu satu jam yang senggang untuk berdialog dengan Tuhan di mana saja. Aktiflah berlatif untuk bersekutu dengan Tuhan. Pergunakan satu jam untuk menyadari kehadiran Kristus, pikirkanlah pikiran Kristus sambil berdialog dengan Dia. Dengan demikian kita akan menjali tingkat keintiman aktif. Tingkatkanlah terus menerus sampai akhirnta kita dapat bersekutu dengan Tuhan sepanjang hari. Dengan demikian, kita akan meningkat kepada keintiman ketiga.

  1. Tingkat ketiga disebut keintiman Otomatis

Tingkat ini terjadi dengan sendirinya secara otomatis, karena ada dialog terus menerus dengan Bapa dalam keadaan apapun. Paulus mengalami tingkatan ini ketika ia menulis, “ Sebab aku telah mati oleh hokum taurat, supaya aku hidup untuk Allah, aku telah disalibkan dengan kristus; namun aku hidup, tetapi bukan aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. “Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan dirinya untuk aku,” (Galatia 2:19-20). Pada tingkat ini, kristuslah yang menyetir hidup kita. Jika Kristus menghidupi hidup kita, betapa dahsyatnya hidup ini? Karena imanNya Anak Allah telah menjadi iman kita. Sehingga kita dapat menjadi serupa dengan kristus dan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dahsyat seperti yang Yesus lakukan.

Seorang hamba Tuhan yang bernama Smith Wigglesworth telah mencapai tingkat keintiman seperti ini. Karena itu, tidak ada yang mustahil bagi kita, kalu kita intim dengan bapa pada tingkat tertinggi ini akan muncul Smith wigglesworth-smith wigglesworth zaman ini. Apakah kita rindukan hal seperti ini terjadi lagi?

Sahabat saling berjanji dan berbagi Rahasia. Allah akan memberitahukan janjiNya dan berbagi Rahasia jika anda menjadi sahabat karibNya. Tuhan bergaul karib dengan orang yang takut akan Tuhan dan perjanjianNya diberitahukankepada mereka. (Mazmur 25:14). Allah ingin menjadi sahabat karib anda. Maukan Anda?


3 comments:

Suprih's Blog said...

Yah, Kok ada gambar Yesus di tato ya...

Keren sih tapi apa gak jadi kontorversi..., Ada yang komplain gak dengan gambar ini.

Wah klo berbicara serupa dengan Yesus berarti kita jug boleh tato ya?

Anonymous said...

hayoo big jammie,

terus berkarya untuk kemuliaan tuhan ya...

eh iya, mampir-mampir ke blog saya yaa.....

gbu

Anonymous said...

ah itu kan cuman supaya bisa diterima ajah di khalayak kaum muda gituuhhh.....

My Blog